fallback-image

Hewan Noktural

Teman-teman tahukah kamu apakah hewan noktural itu ?

Hewan noktural adalah hewan yang lebih aktif dan banyak beraktifitas dimalam hari, akan tetapi di waktu siang mereka tidur  dan hampir tidak melakukan aktifitas sama sekali. Nah, rupanya hal ini mereka lakukan karena untuk menghindari musuh/pemangsa yang siap menyantap mereka. Bisanya hewan noktural ini memiliki kemampuan pendengaran, penglihatan, dan penciuman yang sangat tajam. Penasaran kan, siapa saja sih yang termasuk hewan noktural ?? yuk kita intip bareng-bareng

  • Hamster
 selain sebagai hewan noktural ada juga yang mengatakan hamster hewan krepuskular karena  mereka kadang-kadang aktif pada awal pagi hari atau akhir sore hari. Hewan lucu dan imut-imut ini masuk dalam hewan pengerat, hamster termasuk makhluk omnivora atau pemakan segala,hal ini karena dia suka sekali sama biji-bijian (padi,kwaci), buah-buahan segar, akar, bagian hijau tumbuhan akan tetapi sekali waktu hamster juga makan beberapa hewan kecil (serangga) dan invertebrata yaitu hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Hamster membawa makanan mereka ke pipi dimana di dalamnya terdapat kantung untuk dimasukkan kedalam lubang makanan mereka. Namun, tidak semua makanan cocok untuk hamster. Beberapa makanan, seperti daun beracun dari tomat, daun seledri, bawang putih menjadi makanan yang paling berbahaya untuk kesehatan hamster. Pendapat orang tentang makanan tidak aman lainnya adalah timun menyebabkan ekor mereka basah dan buah sitrus. Hamster yang terkena penyakit diabetes tidak diperbolehkan mendapat  makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi, seperti buah. Komponen makanan hamster dibagi jadi 3 kategori: kering, segar, dan makanan binatang. Jadi bagi kamu-kamu yang ingin memelihara hamster lebih baik memberi makan biji-bijian saja.
  • Kukang (Nycticebus coucang)
 Ada yang menyebutnya  malu-malu. Satwa ini dapat ditemukan di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Adalah  jenis primata dari sub ordo Strepsirrhini, dengan nama latin Nycticebus yang berarti ‘kera malam’. Kukang  adalah jenis primata yang lucu dan menggemaskan, tak heran jika banyak yang menjadikannya hewan peliharaan.Kukang  bergerak lambat, warna rambutnya beragam, dari kelabu keputihan, kecoklatan, hingga kehitam-hitaman. Pada punggung terdapat garis coklat melintang dari belakang hingga dahi, lalu bercabang ke dasar telinga dan mata. Berat tubuh 0,375-0,9 kg, panjang tubuh dewasa 19-30 cm. Kukang memiliki mata besar yang menonjol keluar. Makanan kukang adalah jenis serangga, telur burung, serta anakan burung dan buah-buahan (misalkan pisang ambon, pepaya, kelapa, markisa,jambu biji, jagung manis, telor puyuh dan roti tawar). Mereka juga mengkonsumsi beberapa bagian pohon serta nektar. Usia hidup kukang dalam peliharaan bisa mencapai 14 tahun.
  • Tokek (Gekko gecko)
siapa yang dirumahnya masih terdengar suara tokek ??….disebut hewan noktural karena tokek kebanyakan aktif di saat senja dan malam hari, meski suara panggilannya kadang-kadang terdengar di siang hari. Tokek memburu aneka serangga dan invertebrata lain sebagai makanannya, walaupun juga tidak segan memangsa vertebrata  lain yang lebih kecil ukurannya. Tokek betina biasanya mengeluarkan sepasang telur, yang disimpan berlekatan di sudut lubang atau dinding. Tempat menyimpan telur ini biasa digunakan berulang kali oleh tokek yang sama.Makanan kesukaan tokek adalah serangga, misalkan jangkrik atau kroto, nyamuk, lalat bahkan tokek yang besar mampu memakan burung kecil. Lama hidup tokek bisa mencapai 7-10 tahun, namun ada juga tokek yang dipelihara bisa berumur sampai belasan tahun. Tokek bisa ditemukan di rumah-rumah maupun di pohon-pohon.
  • Leopard Gecko (Eublepharis macularius)
Gecko adalah hewan malam pemakan serangga, leopard gecko merupakan sejenis tokek namun bedanya kalau tokek biasa atau gekko gecko bisa bersuara T.O.K.E.K seperti yang biasa kita dengar sehari-hari, meskipun tidak bersuara unik leopard gecko memiliki warna tubuh yang unik, itulah mengapa tidak  sedikit dari kita tertarik untuk memeliharanya. Leopard gecko tidak bisa memanjat, hal ini karena gecko tidak memiliki suction cup alias alat pengisap untuk memanjat. Leopard gecko berasal dari beberapa negara yang memiliki iklim kering dan topografi berbatu, seperti Pakistan, Iran, Afghanistan,dan India. Gecko merupakan hewan yang sangat kuat dan bisa bertahan hidup sampai 20 tahun. Jika merasa terancam gecko memutuskan ekornya.
  • Burung Hantu

adalah kelompok burung yang merupakan anggota ordo Strigiformes. Burung ini termasuk golongan burung buas pemakan daging (karnivora), mereka berburu aneka binatang seperti serangga, katak, tikus, ikan kecil, dsb. Terdapat sekitar 222 spesies yang telah diketahui, yang menyebar di seluruh dunia kecuali Antartika sebagian besar Greenland, dan beberapa pulau-pulau terpencil. Burung hantu dikenal karena matanya besar dan menghadap ke depan, berbeda dengan burung pada umumnya yang memiliki mata menyamping. Leher burung hantu sangat lentur sehingga  wajahnya bisa berputar 180 derajat kebelakang. Karena perilakunya yang kerap mematung dan tidak banyak bergerak, menjadikan burung ini tidak mudah kelihatan, begitu pula saat tidur di siang  hari di bawah lindungan daun-daun. Usia hidup burung hantu antara 5 sampai 20 tahun, bahkan jika dalam penangkaran yang baik burung hantu elang Eurasia mampu bertahan hidup hingga 60 tahun.

Bunda Almira

Related Posts

fallback-image

Kopi Luwak Indonesia Kopi Termahal di Dunia

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *