fallback-image

Bangun Joglo – Rumah lebih adem

Ada berbagai pilihan bahan dan model untuk atap teras rumah kita. Bahan atap yang digunakan bisa memakai canopy, asbes,  genting, sirap, sampai ijuk sebagai alternatif pilihan. Begitupun modelnya ada yang mengikuti model minimalis , joglo, atap terasering, semuanya tergantung selera si pemilik rumah. Memang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Saya sebagai orang asli Jawa masih senang dengan model lama yaitu joglo. Model joglo ini pun ada yang mengkombinasikan dengan beton cor sehingga terkesan kokoh dan modern, namun saya dan suami lebih senang dengan joglo asli dengan dominasi kayu sehingga unsur natural.nya lebih mendominasi, bahkan keinginan kami adalah dengan menggunakan atap ijuk, selain adem (dingin) di kota kami belum ada yang menggunakan atap berbahan ijuk.

ini adalah konsep awal atap joglo

Berdasarkan pengalaman, berikut ini saya lampirkan estimasi bahan dan biaya membangun atap teras joglo,  dengan luas tanah 5 x 5 m2

beberapa bisa disesuaikan dengan selera. Seperti kayu misalkan yang saya tulis diatas adalah kayu meranti, ada juga kayu kamper, kaso, bahkan jika budged berlebih bisa menggunakan kayu jati sebagai pilihan. Selain itu jenis atap yang digunakan juga bisa sesuai selera bisa genteng pres, genteng keramik, sirap, atau ijuk. Harganyapun berfariasi mulai Rp.1.750 untuk genteng trowulan kwalitas biasa, Rp. 3.000,-, Rp. 5.000 bahkan ada yang puluhan ribu untuk 1 buah genteng saja.

Berikutnya yaitu jenis cat yang digunakan juga bisa sesuai selera baik warna maupun merknya. Saran saya untuk daerah luar gunakan jenis cat eksterior karena lebih tahan lama,  daripada beberapa bulan berikutnya cat yang digunakan sudah ngelupas/ pudar kan sayang, bukankah harga tenaga/ tukang lebih mahal daripada harga bahan ??^-^ Merk yang digunakan bisa dulux, mowilex, jotun dsb..

Semoga menginspirasi….

 

 

 

Bunda Almira

3 Comments

    • Selamat siang juga pak,
      Maaf baru bisa balas. Yang saya tulis itu adalah pengalaman saya, bukan saya yang membangun tapi teman saya. Domisili saya di surabaya, klo masih wilayah sini mungkin bisa membuatkan joglo untuk bapak. Tapi klo ke bali belum tahu. Soalnya jauh banget.
      Regards

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan dukung kami dengan follow instagram kami @budipram.ono Untuk fast respon, pertanyaan bisa disampaikan via DM instagram kami. Terimakasih

Recent Posts

Recent Comments

Poling Pembaca Cita Media

Sorry, there are no polls available at the moment.