Penyebab Hasil Printer Laser Kotor

Penyebab Hasil Printer Laser Kotor

Cartridge sebuah Printer Laser
Cartridge sebuah Printer Laser

Printer Laser, merupakan salah satu jenis printer yang banyak digunakan disamping ada tipe ink jet. Secara harga printer, printer laser lebih mahal dari pada tipe inkjet. Consumablenya, dalam hal ini toner, juga jauh lebih mahal dari pada consumable printer inkjet. Tetapi printer laser hampir free maintenance.

Printer inkjet, ketika tidak dipakai lama, ada kemungkinan buntu di headnya. Tapi untuk printer laser. Walaupun tidak dipakai lama, tidak ada perubahan terhadap hasil printingnya. Pengalaman saya pernah printer digudang tidak dipakai selama 1 tahun. Lalu coba dipakai, hasilnya masih seperti yang dahulu.

Contoh hasil printer yang kotor
Contoh hasil printer yang kotor

Pada posting kali ini akan dibahas masalah yang sering terjadi di printer laser, yaitu hasil kotor bergaris. Memanjang dari atas ke bawah. Awalnya mungkin sedikit, tapi lama-lama bisa merata ke seluruh lebar kertas.

Ada 2 kemungkinan yaitu drum dan wiper blade yang sudah aus, dalam artian memang ada masa pakai. Ada yang mengatakan drum haris diganti bila toner sudah direfil 3 kali, tapi ada juga yang mengatakan drum bisa tahan sampai 10 kali pengisian. Sedang wiper blade, yang berfungsi sebagai pembersih drum, saya belum tahu berapa lama masa pakai.

Yang pernah saya alami. Saya menggunakan jasa isi ulang toner. Katanya hasilnya kotor harus diganti drum, harganya 40 ribu rupiah. Saya iyakan saja karena saya masih awam. Setelah selesai dicoba hasilnya bagus. Lalu sampai 50 lembar mengeprint, mulai kotor lagi. Saya sampaikan keluhan ke jasa sevisnya juga tidak ada jawaban yang memuaskan.

Lalu saya coba ganti drum lagi. Cari-cari dapat harga 29 ribu. Saya pasang lagi. Hasilnya bagus. Tapi selang beberapa puluh halaman mulai kotor lagi. Saya mulai menyangsikan data yang mengatakan drum bisa dipakai sampai beberapa kali isi ulang. Padahal baru beberapa lembar saja sudah kotor lagi.

Lagi-lagi saya belikan drum lagi yang lebih murah 20 ribuan. Saya pasangkan lagi. Yang ini lebih parah. Sekali pasang langsung kotor. Wedeh.

Wiper blade
Wiper blade

Saya beranikan bongkar toner cartridge. Kali ini bongkar total sampai jadi 2 bagian. Pin kecil sebagai engsel saya lepas. Saya temukan wiperblade sudah tidak kencang lagi. Bosisi karet yang harusnya lurus sedikit memble sehingga daya bersihnya kurang.

Saya simpulkan saja harus ganti wiperblade. Cari-cari dapat harga 10 ribu. Saya coba pasangkan. Saya Test. Alhamdulillah hasilnya memuaskan. Hasil sangat tajam dan bersih.

Catatan.

Printer saya HP 1020, tipe cartridge 12A.

Dari coba2 saya masih menyimpan drum 12A 2 buah yang masih bagus, mungkin akan bisa dipakai lagi setelah beberapa bulan ke depan.

Menggunakan jasa isi ulang yang berintegritas dan terpercaya sangat dianjurkan. Diimbangi dengan pengetahuan kita tentu lebih bagus.

 

Budi

Nama lengkap Budi Pramono, mulai aktif ngeblog sejak tahun 2009. Domisili di Surabaya dan bekerja di perusahaan swasta di Surabaya. Karena kesibukan sekarang sudah jarang cek blog ini. Untuk pertanyaan bisa DM via Instagram kami di <a>@budipram.ono</a> Dan bila berkenan silakan follow akun kami. Terimakasih.

Related Posts

Google Apps Ternyata Sekarang Berganti Nama Menjadi GSuite

Google Apps Ternyata Sekarang Berganti Nama Menjadi GSuite

Cara Mendapatkan Paket Internet Murah dari Telkomsel

Cara Mendapatkan Paket Internet Murah dari Telkomsel

Cara Mengatasai Error Smart Card First Media

Cara Mengatasai Error Smart Card First Media

Mempercepat Website WordPress dengan mod_deflate (Gzip Compression)

Mempercepat Website WordPress dengan mod_deflate (Gzip Compression)

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan dukung kami dengan follow instagram kami @budipram.ono Untuk fast respon, pertanyaan bisa disampaikan via DM instagram kami. Terimakasih

Recent Posts

Recent Comments

Poling Pembaca Cita Media

Sorry, there are no polls available at the moment.