fallback-image

Pressure Switch untuk Pompa Air

Sanyo Pressure switch
pressure switch Sanyo. Foto: citamedia.com

Apakah Pressure switch itu? Adalah sebuah sensor yang berfungsi membaca tekanan yang nantinya tekanan itu akan dikonversi menjadi switch ON bila tekanan kurang dari set point atau switch OFF bila tekanan lebih dari set point. Umumnya set default OFF-nya 1.8 kg/cm2 dan ON-nya 1.1 kg/cm2. Switch ON atau OFF ini akan dihubungkan dengan pemakai. Dalam hal ini dihubungkan dengan power listrik untuk pompa. Sehingga ompa akan secara otomatis bekerja berdasarkan tekanan. Pompa akan menyala bila kran air kita buka dan akan mati kembali bila kita tutup kran.

Fungsi inilah yang membuat orang awam akan nama pressure switch, tapi akan mudheng atau mengerti dengan nama otomatis pompa. Sehingga kalau beli pressure switch di toko bangunan, kebanyakan yang jaga bingung, tapi kalau kita bilang otomatisnya pompa, langsung paham.

Pompa air biasanya sudah dilengkapi dengan pressure switch bawaan, semakin mahal / bagus pompa tentu pressure switch bawaan juga semakin bagus, semakin awet atau panjang umurnya. Merek yang kita kenal ada Sanyo, Panasonic, DAP, Wasser, Shimizu, dan lain sebagainya yang membuat pompa air untuk rumahan.

Tapi ketika menjumpai pressure switchnya rusak, kita akan kesulitan menemukan pressure switch yang sesuai dengan merek. Umumnya toko bangunan tidak menjualnya karena tentu spare part asli lebih mahal, melainkan toko tertentu yang lebih lengkap atau besar, dan ini jumlahnya sedikit sekali.

Ada banyak merek yang beredar. Kami pernah membeli pressure switch seharga 10 ribuan, mereknya lupa, tapi hanya bertahan dalam hitungan hari.

Berikut beberapa merk pressure switch di pasaran.

RADAR

pressure switch Radar
pressure switch Radar. foto:citamedia.com

Radar, adalah merek yang umum dijual di toko bangunan. Bila kita mau beli pressure switch kita akan diberi pilihan oleh penjual, yang murah apa yang mahal. Bila kita bilang yang mahal, maka Radar ini yang akan ditawarkan ke kita. Harga sekitar tiga puluh sampai empat puluh ribu rupiah. Bungkusnya berwarna orange.

Dengan 40-an ribu rupiah, apakah mahalnya sebanding dengan performa? Bukan untuk menjelekkann sebuah produk, tapi pengalaman kami memakai dua kali, yang pertama bertahan 1 bulanan, sedangkan yang ke dua bertahan sebulan lebih. Yang pertama jebol di sealnya, sampai airnya bocor-bocor. Akhirnya pegas daun yang bisa dimanfaatkan kami pasang di proessure switch Sanyo bawaan karena memang yang Sanyo ini patah di pegas daunnya. Ini bertahan lebih dari 2 bulan karena akhirnya pegas ini pun patah lagi.

Yang kedua beli Radar lagi, karena memang dekat rumah ada beberapa toko bangunan jualnya juga merek ini. Di pasang bertahan lebih dari 1 bulan dan ternyata pegas daunnya rusak lagi.

SHIMIZU

pressure switch Shimizu
pressure switch Shimizu. foto:citamedia.com

Ini adalah merek yang selanjutnya kami pakai. Tidak mau mengambil resiko. Mencoba pergi ke toko bangunan yang lebih besar. Mereka menawarkan merek Radar dan Shimizu. Harga pressure switch Shimizu Rp 135.000,- (harga sewaktu saya beli di toko bangunan, untuk harga terbaik, silakan masuk ke sini). Saya tanya yang merek Sanyo katanya sampai 200 ribuan. Walau setelah tahu ternyata harga yang ditawarkan toko tersebut terlalu mahal.

Dari konsruksi mirip atau boleh dibilang sama dengan punya Radar, tapi lebih kokoh. Walau tidak sekokoh punyanya Sanyo. Wajar harganya berbeda jauh empat kali lipat lebih. Diameter ulir sama dengan Sanyo, jadi bisa dipasangkan dengan mudah. Performa keawetan kami belum membuktikan. Soalnya baru dipasang sehari sebelum menulis tulisan ini. Semoga bisa awet.

SANYO

Ini adalah merek yang cukup melegenda di tanah air. Orang terbiasa menyebut pompa air dengan merek ini. Hebat.

Sanyo adalah merek terbaik, menurut saya, untuk pompa air rumahan, meskipun banyak merek terkenal bermunculan. Begitu juga dengan pressure switch yang diperuntukkan pompanya.

Secara desain, pressure switch Sanyo sangat kokoh, dan lain dari yang lain. Mulai body luarnya, hingga susunan pegas dan kontaknya.

Soal harga memang lebih mahal, tapi sangat sebanding dengan kualitas yang diberikan. Harga pressure switch ini berkisar Rp 130.000,-an. Untuk mengecek harga terbaru silakan masuk ke sini.

Salam

* Bagi Anda yang membutuhkan pressure switch atau saklar otomatis pompa air Sanyo atau Shimizu, dengan harga terbaik, silakan masuk ke sini.

Foto: citamedia.com

Budi

Nama lengkap Budi Pramono, mulai aktif ngeblog sejak tahun 2009. Domisili di Surabaya dan bekerja di perusahaan swasta di Surabaya. Karena kesibukan sekarang sudah jarang cek blog ini. Untuk pertanyaan bisa DM via Instagram kami di <a>@budipram.ono</a> Dan bila berkenan silakan follow akun kami. Terimakasih.

Related Posts

Bearing atau Laker untuk Roda atau Roll Pintu Pagar Geser

Bearing atau Laker untuk Roda atau Roll Pintu Pagar Geser

Wiring Diagram AC LG

Wiring Diagram AC LG

Digital Timer Stop Kontak Multifungsi

Digital Timer Stop Kontak Multifungsi

fallback-image

Permasalahan Pompa Air yang Sering Terjadi

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan dukung kami dengan follow instagram kami @budipram.ono Untuk fast respon, pertanyaan bisa disampaikan via DM instagram kami. Terimakasih

Recent Posts

Recent Comments

Poling Pembaca Cita Media

Sorry, there are no polls available at the moment.